Jumat, Januari 04, 2008

Lele Raksasa Tak Lagi Ditangkap

Lele Raksasa Tak Lagi Ditangkap

Jakarta, Senin - Para nelayan Thailand berjanji tidak akan menangkap Lele raksasa (Pangasianodon gigas.) yang hidup di Sungai Mekong. Janji tersebut diucapkan pada peringatan 60 tahun naiknya Raja Bhumibol Adulyadej ke tahta kerajaan yang dirayakan setiap tanggal 9 Juni.

Sekitar 60 orang nelayan mengucapkan janji tersebut dalam sebuah upacara peringatan panjang umur tahta sang raja yang diselenggarakan di bagian Utara Kota Chiang Kuong. "Ini merupakan komitmen besar dari para nelayan," kata Tuenjai Deetes, Senator Chiang Kuong.

"Setiap nelayan akan menghentikan penangkapan ikan Lele raksasa selamanya," lanjutnya. Sebelumnya, siapapun yang menyerahkan Lele raksasa yang ditangkapnya dijanjikan hadiah sebesar 500 dollar AS. Lele raksasa yang hanya hidup di Sungai Mekong tergolong langka. Seekor Lele raksasa dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter dan berat 300 kilogram. Seekor Lele raksasa seberat 293 kilogram yang ditangkap tahun lalu diperkirakan salah satu ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap.

Jumlahnya di alam berkurang drastis dalam sepuluh tahun terakhir. Sejak 3 tahun lalu, ikan Lele raksasa dimasukkan ke dalam salah satu hewan sangat terancam punah oleh World Conservation Union.

Para aktivis lingkungan menyambut penghentian ini sebagai satu langkah maju. Namun, masih diperlukan kerja keras usaha melindungi hewan yang sangat langka tersebut dan memastikan keberadaannya tidak terancam di alam.

Sumber :
http://www.kompas.com
Rabu, 14 Juni 2006 - 14:01 wib

Tidak ada komentar: