Jumat, Maret 28, 2008

425 Ribu Jenis Flora dan Fauna Nyaris Punah

425 Ribu Jenis Flora dan Fauna Nyaris Punah

Reporter : Faishol Taselan

Surabaya--MI: Sekitar 25 ribu jenis flora dan 400 ribu fauna di Indonesia cenderung langka, bahkan hampir punah akibat berbagai sebab. Di antaranya, akibat kerusakan ekosistem dan habitat karena penjarahan, kebakaran hutan, perburuan, serta tingginya permintaan tumbuhan dan satwa liar secara legal maupun ilegal.


Hal tersebut dikatakan Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Provinsi Jawa Timur (Jatim) Sumarto Suharno di Surabaya, Sabtu (15/3). "Kondisi ini diperparah dengan lemahnya pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelaku penjarahan hutan," ujarnya. Menurutnya, kejahatan perdagangan ilegal satwa liar di dunia menempati urutan kejahatan kedua terbesar setelah narkoba. Kerugian finansial internasional akibat kejahatan itu mencapai US$159 miliar per tahun. Sedangkan di Indonesia, kejahatan itu merugikan negara sebesar Rp. 9 triliun per tahun.


Untuk menampung tumbuhan dan satwa liar yang makin langka tersebut, Pemerintah Provinsi Jatim membangun area riset terapan penangkaran tumbuhan dan satwa liar. Area yang berlokasi di lingkungan kantor Dinas Kehutanan Jatim itu menurut rencana akan diresmikan oleh Gubernur Imam Utomo, Senin (17/3).


Pembangunan area riset terapan, selain untuk pengembangan keilmuan penangkaran tenaga pengendali ekosistem hutan, juga untuk meningkatan kemitraan pakar dan jaringan komunitas konservasi sumberdaya alam di Jatim. "Penangkaran riset menerapkan standar kesejahteraan satwa, penandaan, pelepasliaran ke habitat alaminya, dan pengembangbiakan tanaman dan satwa liar dengan pendekatan kedokteran," ujarnya.(FL/OL-01)

Sumber :

http://www.mediaindonesia.com/
Sabtu, 15 Maret 2008 11:41 WIB

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sedih rasanya ya,,, anak cucu kita tidak bisa menyaksikan keragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia khususnya

arif mengatakan...

waduh bnyak bgt..
bs2 cucu qt g bs lihat gy,
hyu jga jgn smp pnah,
okok..