Kamis, Maret 20, 2008

Kebaikan Hakiki

Kebaikan Hakiki

''Maka, di antara manusia ada orang yang berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia' dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat.'' (QS Al-Baqarah [2]: 200). Kita jumpai banyak manusia yang menghabiskan waktunya untuk mencari dunia. Mereka hanya meminta dunia kepada Allah tanpa memedulikan keadaan akhiratnya.


Benak mereka hanya berisi keinginan duniawi, tak ada tempat untuk memikirkan akhirat. Mereka mengisi hidupnya untuk bekerja ekstrakeras, siang-malam, hanya untuk menumpuk harta kekayaan sebanyak-banyaknya tanpa mau menunaikan zakat dan sedekah sebagai hak dari hartanya.


Orang yang beriman adalah orang yang memohon kebaikan di dunia dan akhirat, sebagaimana yang termaktub pada surat Al-Baqarah ayat 201, ''Dan di antara mereka ada orang yang berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka'.''


Menurut Al-Jazairi (Aysar At-Tafasir 1/143), yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah segala hal yang menyenangkan dan tidak menimbulkan mudarat. Adapun yang dimaksud kebaikan akhirat adalah selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga.


Doa komplet yang diajarkan Allah kepada kita itu mengandung makna bahwa kebaikan hakiki adalah kebaikan di akhirat. Betapa tidak, bila doa itu diucapkan dengan keyakinan yang benar maka dia akan memengaruhi tindakan kita sehari-hari. Apabila kita menginginkan istri yang shalihah maka kita takkan membiarkan diri kita terseret aliran permisivisme dalam pergaulan dengan lawan jenis.


Apabila kita menghendaki rezeki yang halal maka kita tak mungkin berani melakukan korupsi. Apabila kita ingin selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga, takkan ada waktu bagi kita untuk melakukan maksiat atau melanggar aturan Allah, sebab itu bertentangan dengan kejiwaan doa kita. Wallahu a'lam bish-shawab. (Erwan Roihan)

Sumber :

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=320679&kat_id=14&kat_id1=&kat_id2=

Selasa, 22 Januari 2008

Tidak ada komentar: