Kamis, Desember 27, 2007

Kesepakatan Kerjasama Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Di Provinsi Sumatera Utara

Kesepakatan Kerjasama Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Di Provinsi Sumatera Utara

Hari Selasa tanggal 11 Desember 2007, Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sumatera Utara melakukan penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Pengelolaan Keanekaragaman Hayati.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Swis Garden Nusa Dua Bali, bersamaan dengan Special Event pada konferensi Perubahan Iklim ke-13 yang diselenggarakan oleh Network of Regional Governments for Sustaiable Development (nrg4SD). Special Event ini berupa workshop dengan tema Asian Regional Forum Driving Regions to Our World ”The role of sub-national governments to combat Climate Change” dimana Kepala Bapedalda (Bapak Prof. H Syamsul Arifin SH, MH) merupakan National Focal Points nrg4SD.

Pada acara penandatanganan kesepakatan tersebut, Ibu Masnelyarti Hilman selaku Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan serta National Focal Point Konvensi Keanakaragaman Hayati (CBD) menyampaikan sambutan bahwa kerjasama ini merupakan refleksi dari kepedulian pemerintah terhadap pentingnya keanekaragaman hayati.

Adapun ruang lingkup kesepakatan kerjasama tersebut antara lain : 1. Program sosialisasi dan bantuan teknis di bidang keanekaragaman hayati; 2. Penyusunan Profil Keanekaragaman Hayati; 3. Pengembangan jejaring dan pertukaran informasi dalam pengelolaan keanekaragaman hayati di dalam dan di luar negeri; 4. Pengembangan manajemen sistem informasi dan database keanekaragaman hayati. Dalam sambutannya tersebut, Ibu Masnelyarti mengungkapkan bahwa ”Diharapkan kerjasama ini akan meningkatkan pengelolaan keanekaragaman hayati di Provinsi Sumatera Utara serta memberikan kontribusi untuk program konservasi keanekaragaman hayati pada tingkat nasional, regional dan global”.

Sumber:Asdep Urusan Konservasi Keanekaragaman Hayati
Deputi MENLH Bidang Peningkatan Konsevasi Sumber Daya AlamDan Pengendalian Kerusakan lingkungan
http://www.menlh.go.id
18 Des 2007 11:51 WIB

Tidak ada komentar: