Selasa, Desember 18, 2007

Dampak Perubahan Iklim Lebih Menakutkan Dari Terorisme

Dampak Perubahan Iklim Lebih Menakutkan Dari Terorisme

TEMPO Interaktif, Jakarta - Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar menilai dampak perubahan iklim yang akan terjadi jauh lebih menakutkan dibanding ancaman terorisme global. Karena itu, harus segera dilakukan tindakan pencegahan nyata.

"Kerusakan dunia akibat perubahan iklim akan sangat fatal pada beberapa dekade ke depan," katanya di Gedung Departemen Luar Negeri, Selasa. Langkah konkret pencegahan dampak perubahan iklim itulah yang akan dibicarakan dalam pertemuan para pejabat tinggi dari 45 mitra ASEM (Asia-Europe Meeting), yang terdiri dari 17 mitra Asia dan 28 mitra Eropa (Uni Eropa dan Komisi Eropa) pada 6 hingga 7 Maret 2007 di Jakarta.

ASEM merupakan merupakan forum kontak dan jumpa antara negara-negara Eropa dan Asia yang dibentuk pada 1996. "Dasar pertemuan ini untuk memberikan action programe, bukan hanya deklarasi-deklarasi saja. Hasilnya akan dibawa ke pertemuan tingkat menteri nanti," katanya.

Pertemuan tingkat menteri yang dimaksud adalah pertemuan Menteri-menteri lingkungan hidup ASEM ke-3 yang akan berlangsung di Copenhagen, Denmark, pada 24-26 April 2007.

Perubahan iklim, menurut Rachmat, merupakan isu serius yang harus diselesaikan secara global. Karena itu, diperlukan kolaborasi antara negara maju dan berkembang melalui kerja sama konkrit antara selatan-selatan atau selatan-utara. Dwi Riyanto Agustiar.

Sumber :
http://www.tempointeraktif.com/
Selasa, 06 Maret 2007 18:27 WIB

Tidak ada komentar: