Rabu, Januari 23, 2008

Makassar Jadi Kota Pembuka Road Show CSR

Makassar Jadi Kota Pembuka Road Show CSR


Makassar (ANTARA News) - Makassar menjadi tuan rumah sekaligus kota pembuka `roadshow` Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia 2007 yang akan mulai berlangsung pada 3 - 5 Agustus 2007 dengan melibatkan Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan PT Sampoerna.

Menurut Ketua Hubungan Luar Negeri CFCD, Suharman Noerman di Makassar, Kamis, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), kini menjadi wacana global dimana perusahaan-perusahaan di negara maju, telah menerapkan konsep tersebut dalam setiap proses produksinya. Dia mengakui, konsep CSR ini, juga sudah mulai diterapkan di Indonesia dan jumlah perusahaan yang terlibat didalamnya pun, semakin banyak.

Dilihat dari tujuannya, yakni untuk menanggapi isu sosial, lingkungan dan etis serta tanggung jawab sosial ini, dinilai seharusnya merupakan bagian dari misi perusahaan serta pemerintah/dinas terkait. Sebab itu lanjutnya, komitmen yang dibutuhkannya pun, bukan hanya dari sebuah perusahaan atau pemerintah tetapi juga merupakan komitmen setiap orang yang bekerja didalamnya agar pelaksanaan CSR utuh dan benar.

Salah satu cara yang ditempuh yakni melakukan sosialisasi dengan menggelar rangkaian kegiatan CSR Indonesia 2007 melalui pameran, seminar dan talkshow sehingga diharapkan, lebih banyak pihak yang terdorong untuk menjalankan CSR agar berbagai masalah yang menimpa bangsa ini, dapat lebih mudah diatasi. Sementara itu, Manager CSR PT Sampoerna, Ishak A Muin mengatakan, diperlukan sosialisai yang gencar kepada semua pihak baik perusahaan, pemerintah maupun masyarakat luas untuk mendapatkan pemahaman secara utuh dan benar tentang konsep CSR yang bukan hanya merupakan kegiatan yang sifatnya charity (sumbangan) atau filantropi (kedermawanan), tetapi merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberdayakan masyarakat di sekitarnya sehingga tidak tergantung lagi dengan pihak lain untuk menaikkan tarif hidup mereka.

Ishak berharap, kegiatan pertama CSR yang mulai berlangusung Jumat (3/8) ini dalam bentuk seminar dan talkshow, diharapkan dapat menarik perhatian sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan, seperti perusahaan, pemerintah setempat dan instansi terkait, akademisi, UKM dan koperasi serta masyarakat luas.Selain itu, pihaknya juga akan menggelar exhibition untuk memamerkan bentuk-bentuk kegiatan tanggung jawab sosial yang telah dilakukan korporasi, pemerintah dan dinas terkait. Guna menginspirasi masyarakat, kegiatan CSR ini juga akan mengajak LSM dan UKM yang telah berhasil dikembangkan dengan baik oleh perusahaan nasional/lokal dan pemerintah setempat.

Ishak berharap, kegiatan CSR ini akan menarik perhatian pemerintah dan perusahaan untuk bersama-sama melakukan CSR secara utuh dan benar sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Kota Makassar dan sekitarnya.(*)

Sumber :
http://www.antara.co.id/arc/2007/8/2/makassar-jadi-kota-pembuka-road-show-csr/
02/08/07 21:39

Tidak ada komentar: