Jumat, Maret 28, 2008

US$100 Juta Disiapkan Untuk Pilot Proyek Program REDD

US$100 Juta Disiapkan Untuk Pilot Proyek Program REDD

Reporter : Fardiansah Noor

Jakarta--MI: Departemen Kehutanan akan menjadikan lima hingga delapan daerah sebagai pilot proyek program REDD (reduksi emisi, deforetasi dan degradasi) sebagai kelanjutan dari konferensi perubahan iklim di Bali beberapa waktu lalu. "Bisa di Papua, Aceh, Kalimantan, atau juga di Maluku. Jumlah danma yang disiapkan cukup besar yaitu hampir mendekati US$100 juta untuk persiapan sampai 2012 nanti," kata Menteri Kehutanan MS Ka'ban seusai pembukaan rapat kerja nasional Departemen Kehutanan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Kamis (27/3).


Untuk luas hutan yang akan dimanfaatkan, menurut Ka'ban, masih harus diteliti. Luasan lahan akan ditentukan setelah melihat tingkat degradasi dan deforestasinya.


Ka'ban menambahkan saat ini sedang dipersiapkan persyaratan-persyaratan, teknik perhitungan dan sistem akuntansi yang diperlukan untuk menunjukkan proyek tersebut. Sehingga diharapkan pada Agustus 2008 sudah dapat ditetapkan daerah-daerah yang memenuhi syarat. (Far/OL-06)


Sumber :

http://www.mediaindonesia.com/
Kamis, 27 Maret 2008 14:37 WIB

Tidak ada komentar: