Jumat, Maret 28, 2008

TV Australia Tayangkan Subak Bali

TV Australia Tayangkan Subak Bali

Brisbane--MI: Eksistensi Subak atau sistem pengairan sawah masyarakat petani di Pulau Bali yang terbukti mampu menjaga harmoni antara manusia dan alam selama ratusan tahun diangkat Stasiun Televisi ABC ke dalam program acara Catalyst yang khusus mengupas isu perubahan iklim, Kamis (13/3) malam.


Dalam tayangan program acara yang dibawakan Dr Graham Phillips itu, Subak digambarkan sebagai sebuah kearifan lokal masyarakat Bali yang berhasil menjaga harmoni antara kebutuhan para petani sawah di Pulau Dewata itu akan air dan kelestarian alam.


Subak telah ada sejak 500 tahun lalu. Menurut TV ABC, sistem pengairan ini merupakan yang tertua yang pernah ada di bumi. Kearifan masyarakat Hindu Bali dalam menghargai air seperti tecermin dalam sistem kerja sama pembagian air Subak ini digambarkan dengan sangat positif dan disandingkan dengan peran Bali sebagai tuan rumah Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) dengan segala dinamika yang menyertai, Desember 2007 lalu.


Budaya sistem pengairan sawah terasiring di Pulau Bali yang sudah bertahan selama ratusan tahun itu dikontraskan dengan bagaimana para anggota delegasi dari 190 negara bertemu untuk merumuskan kesepakatan global tentang masalah pengurangan emisi karbon yang telah menyebabkan bumi semakin panas.


Reporter Program Acara Catalyst Mark Horstman menggali pesan kearifan budaya Subak masyarakat Bali itu dan mengkontraskannya dengan dinamika di dalam UNFCCC yang sarat pertarungan antar kepentingan. Kendati pada akhirnya Amerika Serikat yang ngotot mau menerima Peta Jalan Bali (Bali Roadmap) sebagai salah satu langkah menuju upaya bersama menyelamatkan bumi dari ancaman pemanasan global. (Ant/OL-03)

Sumber :

http://www.mediaindonesia.com/
Kamis, 13 Maret 2008 22:36 WIB

Tidak ada komentar: