Jumat, Maret 28, 2008

Orangutan Sumatera Terancam Punah

Orangutan Sumatera Terancam Punah


Medan (ANTARA News) - Populasi orangutan (Pongo pygmaeus.) Sumatera di Kabupaten Langkat, Sumut, dikhawatirkan mengalami kepunahan, akibat kondisi hutan tempat bermukim satwa langka itu dirusak oleh aksi pembalakan liar.

Direktur Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), Sofyan Tan di Medan, Selasa, mengatakan, orangutan Sumatera yang bermungkim di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Langkat setiap tahunnya terus berkurang hingga yang total sudah mencapai 500 ekor. "Tahun 2006 orangutan di kawasan TNGL perbatasan Langkat dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) masih ada sekitar 7.000 ekor, tapi tahun 2007 hanya tinggal 6.500 ekor lagi. Kekurangan tersebut sangat memprihatinkan, mengingat satwa tersebut dilindungi oleh undang-undang," katanya.

Sehubungan dengan itu, ia meminta kepada pemerintah agar dapat menjaga kelestarian, tidak sembarangan mengeluarkan izin kepada pengusaha maupun oknum tertentu untuk mengelola kawasan hutan karena sangat berpengaruh terhadap kelestarian orangutan tersebut. "Kalau pemerintah terus-terusan mengeluarkan izin maka akan semakin memperparah kerusakan hutan dan populasi orangutan juga terancam punah," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selain kerusakan hutan yang semakin meluas, populasi hewan ini juga jauh berkurang. Bahkan, orang utan tersebut juga ada yang diburu sekelompok suku yang tinggal di sekitar hutan untuk dikonsumsi sebagai sumber protein hewani. "Jadi perburuan terhadap hewan primata ini cukup tinggi dan pembukaan lahan juga sudah sangat mengkhawatirkan, karena berpengaruh pada kelangsungan hidup hewan tersebut," katanya.

Ia juga mengatakan, orangutan ini juga banyak diburu untuk dipelihara oleh masyarakat terutama oknum aparat yang memanfaatkan situasi konflik yang terjadi di Aceh beberapa tahun yang lalu.

Dalam mengatasi persoalan ini, kata dia, pihaknya telah berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mengembalikan orangutan tersebut kehabitatnya. "Namun upaya itu selalu mendapat kendala karena pada umumnya orangutan dipelihara oleh oknum aparat dan pengusaha," katanya.(*)


Sumber :

http://www.antara.co.id/arc/2008/2/5/orangutan-sumatera-terancam-punah/
05/02/08 18:35

Tidak ada komentar: