Kamis, Februari 28, 2008

Departemen PU Bentuk Tim Pencari Lahan Pengganti

Departemen PU Bentuk Tim Pencari Lahan Pengganti

Jakarta--MI: Departemen Pekerjaan Umum membentuk tim guna mencari lahan baru untuk menggantikan lahan konservasi hutan yang akan di pakai PT Jasa Marga Tbk untuk melebarkan Tol Bandara Sedyatmo. "Kami membutuhkan lahan seluas 19 hektare untuk mengganti lahan milik Perhutani yang dipakai PT. Jasa Marga Tbk," kata Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum (PU), Hermanto Dardak di Jakarta, Rabu (27/2).

Menurut Hermanto, pihak Perhutani sudah mengijinkan lahan seluas 19 hektare tersebut guna dipakai untuk meninggikan dan melebarkan jalan tol bandara Soekarno Hatta yang konstruksinya dimulai Maret 2008 ini. Pihak Perhutani minta agar lahan itu diganti dengan lahan yang sama. "Kita sekarang tim itu bertugas untuk mencari lahan yang pas untuk mengganti lahan yang dipakai PT.Jasa Marga," kata Hermanto.

Selain itu, jelas Hermanto, lahan yang digunakan oleh Jasa Marga untuk membangun jalan tol ini, hutannya tidak dirusak. Pasalnya tanah tersebut hanya dilewati tiang saja (girder). "Lahan hutannya kita tidak akan rusak tetap sama," katanya. Hermanto mengharapkan lahan pengganti tersebut sudah ada dalam waktu dekat. Kebutuhan untuk perbaikan dan pelebaran tol Sedyatmo ini akan menelan biaya Rp. 800 miliar.

Sebelumnya, Jasa Marga berencana melebarkan dan meninggikan jalan tol Sedyatmo dua lajur kanan kiri, termasuk juga jalan tol yang saat ini ada. Pelebaran dan peninggian ini akan dimulai sebelah selatan terlebih dahulu yang akan dikerjakan pada bulan Maret ini. Sedangkan bagian Utara diperkirakan kontruksinya dimulai pada Juni. Sedangkan jalur tengah yang ada saat ini, juga akan diperbaiki. Namun perbaikan jalur tengah yang saat ini masih beroperasi diperuntukkan langsung masuk Bandara. Sedangkan jalur sebelah selatan maupun utara yang akan dibangun nanti, pihaknya akan membuat pintu gerbang di beberapa titik, termasuk di daerah Kamal akan dibuka gerbang tol. (Ant/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com
Rabu, 27 Februari 2008 22:48 WIB

Tidak ada komentar: