Kamis, Februari 28, 2008

Ditemukan, Fosil Empat Burung Laut Raksasa

Ditemukan, Fosil Empat Burung Laut Raksasa

Jakarta, Senin - Fosil burung-burung laut purba berukuran besar ditemukan di Pulau Chatham, Selandia Baru. Para peneliti menemukan empat spesies yang semuanya diperkirakan hidup sezaman dengan dinosaurus. "Ini fosil burung tertua di Selandia Baru dan penting untuk mempelajari asal-usul burung modern," ujar Jeffrey Stilwell dari Universitas Monash, Australia, seperti dilansir National Geographic, Jumat (22/2). Burung-burung tersebut hidup di Periode Cretaceous sekitar 65 juta tahun lalu.

Namun, ia belum bersedia menjelaskan secara rinci deskripsi burung-burung tersebut karena belum terpublikasi dalam jurnal ilmiah. Fosil-fosil tersebut telah dikirim kepada Sylvia Hope, pakar burung di Akademi Sains Califonia, San Fransisco, AS, untuk diidentifikasi.

Stilwell hanya mengatakan bahwa keempat spesies mungkin tidak hanya spesies baru namun juga mewakili dua genus (marga) baru. Ukurannya relatif tinggi dan hanya satu spesies yang tingginya di bawah 30 centimeter. "Kami menemukan salah satu yang tingginya lebih dari semeter dan kami punya tulang yang lebih besar dari pada lainnya, "jelas Stilwell. (NATIONAL GEOGRAPHIC/WAH)

http://www.kompas.co.id/read.php?cnt=.xml.2008.02.25.13531135&channel=1&mn=53&idx=56
Senin, 25 Februari 2008 13:53 WIB

Tidak ada komentar: