Jumat, Maret 28, 2008

'Car Free Day' Turunkan Polusi Jakarta

'Car Free Day' Turunkan Polusi Jakarta

Jakarta--MI: Kegiatan rutin menutup jalan utama di Jakarta yakni Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman setiap Minggu pagi bagi kendaraan bermotor dinilai mampu mengurangi polusi udara. "Ini terlihat dari meningkatnya jumlah hari baik di Jakarta," kata Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta Budirama Natakusumah di Jakarta, Rabu (26/3).


Tahun 2007 hari baik (bebas polusi) di Jakarta adalah sebanyak 73 hari, bertambah 28 hari dari 45 hari bersih pada 2006. Tahun 2008 ditargetkan hari bebas polusi sebanyak 100 hari. Kesuksesan penyelenggaraan Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor) mengurangi polusi udara menyebabkan program itu diperluas ke setiap kota madya di DKI Jakarta.


Di Jakarta Selatan Car Free Day akan dilakukan di Jalan Wijaya, Jakarta Utara akan diselenggarakan di Jalan Danau Sunter, Jakarta Barat akan diselenggarakan di Kawasan Kota Tua. "Untuk Jakarta Pusat, saya belum tahu mana yang dipilih. Untuk Jakarta Timur, antara Jalan Pramuka atau Jalan Pemuda. Kemungkinannya masih dikaji karena kita harus koordinasikan semuanya dengan polda dan dishub," papar Budirama.


Pelaksanaan hari bebas asap kendaraan bermotor itu adalah sesuai dengan Perda No 2/2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara untuk menyukseskan program Langit Biru Jakarta. Car Free Day akan dilaksanakan kembali pada Minggu (30/3) mulai pukul 06.00-14.00 WIB dan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin akan ditutup bagi kendaraan pribadi dan kendaraan umum yang rutenya tidak melewati kedua jalan itu. Selain bus TransJakarta dan angkutan umum yang biasanya melewati kedua jalan protokol itu, kendaraan bermotor akan dilarang melalui jalan-jalan itu.


Kesempatan itu disebut Budirama dapat digunakan masyarakat Jakarta untuk menikmati udara segar tanpa polusi dan menyaksikan pemandangan yang tidak biasa, yaitu lengangnya Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin yang biasanya dijejali kendaraan bermotor. "Masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga di jalan ini," kata Budirama.


Car Free Day tersebut sudah dilaksanakan sebanyak enam kali dan dari pengamatan, jalan luas tersebut yang sedang kosong itu biasanya digunakan untuk berolahraga seperti bulu tangkis, sepak bola dan bersepeda. (Ant/OL-03)


Sumber :

http://www.mediaindonesia.com/
Kamis, 27 Maret 2008 05:24 WIB

1 komentar:

Mudy mengatakan...

http://mudy45.blogspot.com/2008/10/car-free-day-sumber-polusi-baru.html