Senin, Februari 18, 2008

Aktif Semasa Hamil, Anak Rajin Olah Raga

Aktif Semasa Hamil, Anak Rajin Olah Raga

INFORMASI berikut mungkin cocok buat Anda yang tengah mengandung. Sebuah studi yang dilakukan Bristol University di Inggris yang diberitakan www.bbc.co.uk melaporkan bahwa para ibu yang aktif semasa hamil kelak akan melahirkan anak yang cenderung lebih aktif berolahraga pula.

Studi ini melibatkan 5.500 anak-anak usia antara 11 dan 12 tahun. British Medical Journal melaporkan juga, studi ini tidak mengikutsertakan faktor-faktor biologis. Para periset juga menyebutkan, para ibu yang semasa hamil aktif berolah raga cenderung akan meneruskan kegiatan tersebut setelah melahirkan.

Ini berarti, mereka akan memberikan contoh yang baik kepada anak-anak mereka. Para ibu aktif ini juga akan memberikan semangat kepada anak-anak untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Seperti berolahraga.

Pemimpin riset Calum Mattocks menyatakan usia anak-anak prasekolah merupakan usia yang penting untuk diberikan contoh kegiatan dari orang tua. "Jika anak-anak pada usia ini rutin melihat orang tua mereka melakukan kegiatan olah raga, mereka akan ikut terpengaruh dan mengikuti kebiasaan baik tersebut," ujarnya.

Dalam studi ini, tim riset mengumpulkan data aktivitas anak-anak usia 11-12 selama setidaknya tiga hari. Mereka menganalisis kegiatan yang dilakukan anak-anak, termasuk seberapa aktif ibu mereka saat mengandung.

Hasilnya, anak-anak yang ibunya rajin berlatih jalan kaki dan berenang semasa hamil, 3%-4% lebih aktif ketimbang anak-anak yang ibunya jarang berolah raga semasa hamil.

Informasi itu tentunya berguna buat perkembangan anak, terutama karena statistik menunjukkan jumlah obesitas pada anak bertambah dua kali lipat dalam dekade terakhir. Satu dari empat anak diperkirakan mengalami obesitas. (Wey/M-2)

Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/17 Januari 2008.

Tidak ada komentar: